Sitename

Description your site...

Cagar Budaya Islam Mendapat Perhatian Dandim 0802 Ponorogo

Cagar Budaya Islam Mendapat Perhatian Dandim 0802 Ponorogo

Panglima Ponorogo – Kepedulian Dandim 0802/Ponorogo pada situs-situs bersejarah milik masyarakat Kabupaten Ponorogo, Jatim menjadikan sosok Letnan Kolonel Inf Made Sandy Agusto sangat dekat dengan segala lapisan masyarakat Ponorogo.

Seperti yang dilaksanakan Selasa (11/12) secara spontanitas Pimpinan satuan Kodim 0802/Ponorogo ini mengunjungi kompleks makam Batoro Katong yang terletak di Kelurahan Setono, Kecamatan Jenangan, Ponorogo (11/12/18).

Disambut oleh Kepala Kelurahan Setono Siti Djuwariyah bersama dengan juru kunci makam Batoro Katong bapak Sunardi serta para sesepuh lingkungan makam, Dandim 0802/Ponorogo menuju paseban kompleks pemakaman. Dalam obrolan ringan dengan Kepala Kelurahan Setono dan para sesepuh lingkungan makam Batoro Katong, Letnan Kolonel Inf Made Sandy Agusto menyampaikan bahwa seperti kunjungan-kunjungan dia sebelumnya, pihaknya ingin mengetahui kondisi kompleks makam Batoro Katong saat ini.

“Sebagai bagian dari masyarakat Ponorogo, saya juga merasakan kebanggaan yang sama dengan sosok Batoro Katong sebagai pendiri sekaligus Bupati pertama Ponorogo,” ungkap Dandim 0802/Ponorogo, Letnan Kolonel Inf Made Sandy Agusto.

Dia juga menuturkan beberapa bulan lalu Kodim 0802/Ponorogo telah mencanangkan program pembinaan bagi generasi muda kabupaten Ponorogo melalui wisata religi dan budaya, yaitu mengunjungi destinasi-destinasi wisata religi dan budaya yang ada di Kabupaten Ponorogo, jadi kedepan kami bersama generasi muda Kabupaten Ponorogo akan lebih sering berkunjung makam Batoro Katong ini. “Usai melakukan perbincangan ringan dengan Kepala Kelurahan Setono dan para Sesepuh, Dandim 0802/Ponorogo berkenan meninjau kondisi dalam area pemakaman,” paparnya.

Di dalam area makam, beberapa anggota Koramil 0802/02 Jenangan terlihat sedang membantu masyarakat setempat membersihkan area makam yang tadi malam sempat diguyur hujan lebat sehingga banyak dedaunan jatuh membuat area makam Bupati Pertama Ponorogo ini kotor. Dandim 0802/Ponorogo memerintahkan Danramil 0802/02 Jenangan Lettu CBA Adi Setianto untuk selalu memantau kondisi kompleks makam Batoro Katong.

“Segera kerahkan personel Koramil 0802/02 Jenangan bila dibutuhkan masyarakat untuk melaksanakan pembersihan maupun perbaikan area makam, sehingga area makam ini selalu dalam kondisi siap untuk menerima pengunjung,” terangnya.

Di dalam makam Batoro Katong, Dandim 0802/Ponorogo bersama dengan juru kunci makam terlihat sangat akrab dan membicarakan perjuangan Batoro katong sebagai Bupati pertama Ponorogo dalam membangun Ponorogo. “Semangat yang dimiliki oleh Batoro Katong yang berkomitmen penuh dalam membangun Ponorogo melalui pendekatan agama dan budaya ini harus ditularkan kepada generasi muda. Dengan semangat ini pula satuan Kodim 0802/Ponorogo secara intens mendorong para generasi muda untuk mengenal para sesepuh Kabupaten Ponorogo melalui rangkaian wisata religi dan budaya. Hal ini bertujuan untuk membingkai kecintaaan pada nilai-nilai agama dan budaya bagi generasi muda sebagai generasi penerus kita,” jelasnya. (cholis)

1,679 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan

error: Maaf Bro !!!