Sitename

Description your site...

Cegah C3 Polres Lampung Barat Lakukan Razia Rutin

Cegah C3 Polres Lampung Barat Lakukan Razia Rutin

Panglima Pesibar – Dalam hal menjaga konsudifitas, Keamanan dan Ketertiban masyarakat, Polres Lampung Barat (Lambar) melakukan razia rutin C3 yaitu Pencurian dengan Kekerasan (Curas) , Pencurian dengan Pemberatan (Curat) dan Pencurian Kendaraan Bermotor (Curanmor) di jalan penghubung Liwa-Krui. Jumat (7/12).

Dalam hal razia tersebut semua unit baik kendaraan bermotor maupun mobil di berhentikan untuk di periksa surat-surat kelengkapan kendaraannya seperti SIM, STNK dan KIR.

Dikatakan seorang sopir yang tidak mau di sebutkan namanya, “Kenapa razia ini kok sampai KIR di periksa padahal petugas Dishub tidak ada di tempat lokasi razia,” ungkapnya.

Dari pantauan di lokasi di tanyakan ke salah petugas Polisi Pak Hasan di katakan, “Bahwa Polisi berhak untuk memeriksa KIR mobil sesuai dengan peraturan yang berlaku sekarang, dan bisa menilang jika KIR tersebut mati,” jelasnya.

Sesuai UU No. 22 Tahun 2009 tentang LLAJ Pasal 260, penyidik Polri mempunyai kewenangan dalam penindakan pelanggaran, penyidikan dan penyitaan terhadap SIM, kendaraan bermotor, muatan, STNK, STCK, tanda lulus uji sebagai barang bukti.

Instansi Perhubungan hanya bisa dilakukan oleh PPNS LLAJ di pasal 262 dalam penindakan pelanggaran dan penyidikan terhadap persyaratan teknis kendaraan, perizinan angkutan orang atau barang dan dimensi kendaraan bermotor dan hanya dilakukan di terminal dan jembatan timbang.

Sedangkan di jalan, wajib berkoordinasi dengan dan harus didampingi oleh Polri. Penyidik Polri dapat melakukan sendiri dan sudah barang tentu penyidikan banyak dilakukan oleh penyidik Polri. (Robi)

590 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan