Kenalkan Karakter Bangsa, Tentara Ponorogo Sambangi Sekolah

Panglima Ponorogo – Tak kenal lelah, anggota Koramil 0802/11 Bungkal, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur terus menanamkan karakter bangsa kepada para pelajar di wilayah tersebut.

Kegiatan penanaman 45 karakter Bangsa Indonesia yang meliputi bangga sebagai Bangsa Indonesia, gotong-royong, religius, beradab, menjaga persatuan, musyawarah mufakat, demokratis, adil, toleransi, kerukunan, pantang menyerah, rela berkorban, kerja keras terus dilakukan anggota TNI di wilayah tersebut.

“Selain itu menghormati orang lain yang lebih tua, cinta damai, rasa malu, menjaga kehormatan, berfikir positif, tidak merasa rendah diri, rendah hati, santun, ramah, jujur, bersahaja, disiplin, setia (loyal dan patuh), sportif, konsisten (satu kata dan perbuatan), cinta lingkungan, cinta seni dan budaya, berani, siap bersaing, amanah, selalu mau belajar, terbuka, riang gembira, kreatif, mandiri, tanggung jawab, peduli, iklas, kesetiakawanan sosial (solidaritas sosial), senantiasa menjaga kesehatan, menonjolkan kewajiban daripada hak dan kerjasama,” tandas Serma M. Syafii Bati Komsos Koramil 0802/11 Bungkal kepada murid-murid SDN 1 Nambak, Kecamatan Bungkal, Ponorogo dalam kegiatan penanaman Karakter Bangsa, Jum’at (09/11/18).

Disela-sela kegiatan, Serma M. Syafii juga menuturkan pihaknya melaksanakan kegiatan mengajar wawasan kebangsaan kepada seluruh murid SDN 1 Nambak dengan materi penanaman Karakter Bangsa Indonesia.

“Dari kelas ke kelas kami sampaikan materi Karakter Bangsa Indonesia ini sesuai dengan tingkatan, misalnya kelas 1 hingga kelas 3 kami ajarkan untuk menghafal 45 karakter Bangsa Indonesia saja, sedangkan kelas diatasnya kami sertai dengan penjelasan secara terbatas,” ungkap Serma M. Syafii.

Masih menurut Bati Komsos Koramil 0802/11 Bungkal ini menuturkan bahwa penanaman karakter Bangsa Indonesia kepada murid-murid sekolah di seluruh wilayah kecamatan Bungkal ini dilaksanakan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut.

“Hari ini di SDN 1 Nambak baru kami perkenalkan 45 karakter Bangsa Indonesia, maka pada bulan depan kami akan kembali ke sekolah ini untuk meningkatkan materi yang kami sampaikan,” jelasnya.

Lebih lanjut lagi dia mengatakan bahwa kegiatan itu juga dilaksanakan di sekolah-sekolah lain sesuai dengan rencana kegiatan bidang pembinaan ketahanan wilayah Koramil 0802/11 Bungkal. (cholis)

Author: Media Panglima

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *