Sitename

Description your site...

Menjelang Dana Desa 2019, Seluruh Pekon di Pesisir Barat Persiapkan Penyusun APBDes

Menjelang Dana Desa 2019, Seluruh Pekon di Pesisir Barat Persiapkan Penyusun APBDes

Panglima Pesibar – Menjelang penggunaan anggaran Dana Desa (DD) tahap pertama tahun 2019, seluruh Pekon di Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) kini tengah melakukan persiapan penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (RAPBDes) tahun 2019. Sabtu (12/01).

Kadis PMP Murliana, S.Sos, M. Se., mengatakan, APBDes merupakan salah sam syarat yang harus dilampirkan pekon dalam menyampaikan usulan pencarian anggaran DD tahap pertama tahun 2019.

”APBDes merupakan salah satu berkas yang harus disampaikan oleh pekon saat mengajukan usulan pencarian DD tahap satu, dimana dalam APBDes itu semua rincian anggaran yang akan digunakan dan sumber pemasukan anggaran pekon tertera,” kata dia.

Dijelaskannya, pembuatan APBDes itu dilakukan oleh Pekon dan diverifikasi oleh Kecamatan, setelah selesai baru disahkan oleh aparat Pekon kemudian digabungkan dengan rencana kerja Pemerintah (RKP) Pekon dalam mengusulan anggaran DD.

”Kita hanya menerima APBDes itu saat pengusulan pencarian anggaran DD, sedangkan untuk prosesnya dilakukan oleh aparat Pekon bersama dengan aparat Kecamatan,” jelasnya.

Sementara itu, untuk penyaluran anggaran DD tahap pertama, pihaknya belum bisa memastikan kapan akan dilaksanakan. namun sebelum Mei penyaluran DD tahap pertama harus sudah selesai.

“Berdasarkan infomasi yang kita terima dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu), penyaluran DD tahap pertama bisa dilaksanakan antara Januari hingga Mei 2019,” terangnya.

Pihaknya memperkirakan, untuk penyaluran DD tahap pertama di Kabupaten Pesibar, kemungkinan besar akan dilaksanakan pada Maret hingga April mendatang, hal itu karena sejumlah Pekon yang baru dijabat oleh Peratin terpiih tentu harus menyiapkan RPJMD dan RKP.

”Dalam penyaluran DD nantinya juga harus ada Peraturan Bupati yang mengaturnya. sekarang Perbup itu sedang kita usulkan untuk disahkan. Kita harap penyaluran DD tahap pertama tepat waktu,” tandasnya. (RB)

424 kali dilihat, 8 kali dilihat hari ini

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan

error: Maaf Bro !!!