Sitename

Description your site...

Pemkab Pesawaran Gelar Rapat Koordinasi Tim Inovasi Kabupaten Tahun 2018

Pemkab Pesawaran Gelar Rapat Koordinasi Tim Inovasi Kabupaten Tahun 2018

Panglima Pesawaran – Pemerintah Daerah Melaui Dinas PMD menggelar rapat Koordinasi Tim Inovasi Kabupaten (TIK) dihadiri oleh Bupati Pesawaran yang diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Kadis PMD, serta tamu undangan yang dilaksanakan di aula Pemkab Pesawaran. Jum’at (07/12).

Program Inovasi Desa (PID) yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat selama kurun waktu Tahun 2017 dan 2018, adalah upaya mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan Dana Desa (DD) dengan memberikan rujukan inovasi pembangunan Desa serta merevitalisasi peran pendamping dalam pengembangan potensi ekonomi lokal dan kewirausahaan, pengembangan sumber daya manusia serta infrastruktur Desa.

Pelaksanaan PID diharapkan mampu menstimulir munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan secara partisipatif di Desa dan antar Desa. Selain itu, PID merupakan salah satu bentuk dukungan kepada Desa agar lebih efektif dalam menyusun penggunaan DD sebagai investasi dalam peningkatan produktifitas dan kesejahteraan masyarakat.

Bupati Pesawaran, melalui Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra menyampaikan Program Inovasi Desa (PID) merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk mewujudkan agenda Nawa Cita dalam RPJMN 2015-2019.

“Program Inovasi Desa (PID) merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk mewujudkan agenda Nawa Cita dalam RPJMN 2015-2019. PID dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas Desa sesuai dengan Undang-Undang No 6/2014 tentang Desa dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan Desa secara berkualitas agar dapat meningkatkan produktivitas rakyat dan kemandirian ekonomi serta mempersiapkan pembangunan sumber daya yang memiliki daya saing,” ungkapnya.

PID dilaksanakan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) dengan dukungan pendanaan dari Bank Dunia melalui restrukturisasi program yang sebelumnya difokuskan pada Pendampingan Desa dalam pelaksanaan Undang-Undang Desa (UU Desa).

Peningkatan kapasitas Desa dilakukan melalui kegiatan Pengelolaan Pengetahuan Inovasi Desa (PPID) dengan fokus pada bidang Pengembangan Ekonomi Lokal dan Kewirausahaan, Pengembangan Sumber Daya Manusia, dan Infrastrukur Desa.

Ada 2 komponen utama dalam PID, yaitu pertama, Pengelolaan Pertukaran Pengetahuan dan Inovasi Desa, yaitu kegiatan penyebarluasan praktek pembangunan inovatif dengan tujuan memberikan inspirasi kepada Desa untuk memperbaiki kualitas perencanaan Desa. Kedua, Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa (P2KTD), yang bertujuan agar desa-desa mendapatkan jasa layanan teknis secara lebih berkualitas dari lembaga profesional.

Dendi Berharap kepada PID dapat memberikan gagasan segar dan kreatif, “Sebagaimana salah satu implementasi inovasi Kebijakan yang saya gariskan melalui Program Bantuan Keuangan Gerakan Desa Ikut Sejahtera (Gadis), Saya sangat mengharapkan kepada PID dapat memberikan gagasan segar dan kreatif agar BUM Desa yang menjadi titik sentral Gadis, mampu menghadirkan kinerja optimal, menjadi lokomotif perekonomian Desa dan berefek pada kesejahteraan masyarakat di tengah era kebutuhan akan Dynamic Government yang tangguh dan tanggap terhadap realitas kontemporer,” harapnya. (red)

969 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan